Tips Merawat Baju Yang Berbahan Katun Jepang Agar Awet

Kain Katun Jepang - Tips Merawat Baju Yang Berbahan Katun Jepang Agar Awet

Bahan katun Jepang untuk baju tentunya mudah kamu temukan, apalagi baju dengan bahan kain ini sangat laku di pasaran. Sebab sangat awet, ditambah lagi dengan mampu menyerap keringat dan permukaannya yang halus. Walaupun baju ini dapat tahan lama dibandingkan kain katun jenis lainnya, namun diperlukan perawatan agar tidak mudah rusak sehingga dapat bertahan hingga bertahun-tahun namun tetap terlihat baru terus. Sebab sekuat apapun bahan baju, apabila diperlakukan kasar maka dapat rusak. Karena itu kamu wajib mengetahui cara merawat baju dengan kain katun Jepang, apalagi jika sebagian besar baju kamu terbuat dari kain ini.

  1. Cara dalam mencuci

Merawat baju yang berbahan katun Jepang sebenarnya tidak susah, sebab kamu dapat menggunakan deterjen biasa ketika mencucinya. Tetapi jangan sampai kamu merendamnya terlalu lama karena dapat membuat warnanya pudar walaupun warna pada kain ini tidak mudah pudar. Ada baiknya untuk memisahkan antara baju yang kotornya berlebihan seperti lumpur, sebab dapat membuat baju lain menyerap kotoran tersebut. Lalu pisahkan baju yang berwarna terang dan gelap untuk mencegah terjadinya luntur. Kemudian kamu dapat menguceknya atau menggunakan mesin cuci dan juga apabila ingin menyikatnya janganlah terlalu kencang sebab dapat merusak serat kain. Apabila pada baju katun yang berwarna putih terdapat noda yang susah dihilangkan maka gunakan air hangat agar mudah dibersihkan, namun hal ini sebaiknya jangan dilakukan apabila katun berwarna gelap karena dapat membuat luntur.

  1. Cara menjemur yang benar

Cara menjemur juga memberikan pengaruh terhadap kualitas baju katun Jepang kamu, ada baiknya saat menjemur jangan dilipat pada tali jemuran. Tetapi manfaatkan gantungan pakaian sehingga bentuk baju dapat terjaga. Dan juga baliklah pakaian dimana bagian dalam di luar sehingga kain tidak mudah rusak dan warna baju dapat terjaga keawetannya. Dan juga janganlah menjemur pada matahari langsung walaupun memang dapat cepat kering, tetapi sangat bagus jika diangin-anginkan saja sebab dapat menjaga kualitas kainnya.

  1. Cara menyetrika

Apabila baju kamu dalam keadaan yang sangat kusut, maka jangan langsung menyetrikanya. Ada baiknya untuk menyemprot sedikit air 10 menit sebelum  menyetrikanya, jadi kamu dapat menyemprotkan pewangi baju. Jika pada baju kamu terdapat label yang berisikan petunjuk dalam menyetrikanya maka perhatikan baik-baik dan lihat berapa level panas maksimal dalam menyetrika baju tersebut. Namun jika tidak terdapat petunjuk, maka gunakan setrika yang panas sehingga baju dalam licin. Ada baiknya jika kamu menggunakan setrika uap, namun jika tidak ada kamu bisa menyemprotkan air terlebih dahulu.

  1. Cara menyimpan

Pada saat menyimpan  baju juga tidak dapat asal-asalan, selain dapat membuat baju kusut kembali juga dapat mempengaruhi kualitas kainnya. Oleh sebab itu hindarilah melipat baju panjang seperti gamis yang kemudian disimpan dengan cara menumpuk baju lainnya. Tetapi manfaatkan gantungan baju kemudian dapat disimpan ke dalam lemari. Apabila kamu memiliki baju berwarna putih maka gunakan plastik baju agar tidak terkena kotoran akibat tersimpan terlalu lama seperti terkena kotoran kecoak. Dan juga apabila kamu memiliki banyak koleksi baju dan jarang digunakan, ada baiknya untuk menjemurnya sebulan sekali di panas matahari agar dapat menghilangkan bau apeknya. Dengan cara seperti ini maka bahan katun Jepang untuk baju akan terus awet dan bagus, sehingga baju tersebut tidak nampak seperti baju lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *